Analisis Lima Kekuatan Porter

Status
Not open for further replies.

rans

New Member


Analisis Lima Kekuatan Porter
atau Porter’s Five Forces Analysis adalah metode yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui kekuatannya dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis saat ini dan kekuatan persaingan pada rencana bisnis yang akan dibuat.
Lima kekuatan industri untuk menentukan intensitas persaingan dalam suatu industri tersebut terdiri dari:

1. Competitive Rivalry (Persaingan yang kompetitif).
Ini dapat terlihat dari jumlah dan kekuatan pesaing yang dimiliki. Berapa banyak jumlah pesaing yang perusahaan Anda miliki? Siapa saja para pesaing tersebut, dan bagaimana kualitas produk dan layanan yang diberikan dibandingkan dengan yang Anda miliki?

2. Supplier Power (Kekuatan Pemasok).
Hal ini dapat dilihat dengan seberapa mudah pemasok Anda dapat menaikkan harga. Berapa jumlah pemasok potensial yang perusahaan Anda miliki? Berapa banyak produk atau layanan yang mereka sediakan, dan seberapa besar biaya Anda untuk berpindah dari satu pemasok ke pemasok lain?

3. Buyer Power (Kekuatan Pembeli).
Pada bagian ini dapat ditanyakan seberapa besar kemampuan pembeli menurunkan harga Anda. Seberapa banyak pembeli yang perusahaan Anda miliki dan berapa besar jumlah pesanan mereka? Ketika perusahaan hanya memiliki beberapa konsumen yang utama, mereka akan memiliki lebih banyak kekuatan dalam menentukan pembelian.

4. Threat of Substitution (Ancaman dari Produk Pengganti).
Ancaman produk pengganti ini adalah kemungkinan konsumen menemukan cara berbeda dalam melakukan apa yang produk Anda dapat lakukan.

5. Threat of new Entry (Ancaman Masuknya Pesaing Baru).
Posisi perusahan dapat dipengaruhi oleh kemampuan pesaing lain untuk masuk ke dalam pasar yang perusahaan Anda pilih. Namun jika Anda memiliki hambatan masuk yang kuat dan tahan lama, maka Anda dapat mempertahankan posisi yang menguntungkan dan mengambil keuntungan yang adil darinya.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top