Apa Saja Jenis-jenis Influencer Itu ?

Status
Not open for further replies.

andimey

New Member
Sebelum menggunakan jasa influencer, Anda dapat memisahkan berbagai jenis influencer dengan cara yang berbeda. Beberapa metode yang paling umum didasarkan pada jumlah pengikut, berdasarkan jenis konten, dan berdasarkan tingkat pengaruh karena tugas influencer ini bukan sembarangan pekerjaan. Oleh karena itu anda harus mengetahu terlebih dahulu jenis-jenis influencer.

Apa Saja Jenis-jenis Influencer?
  1. Berdasarkan Jumlah Pengikut
  • Mega-Influencer
Mega-influencer berarti memiliki banyak pengikut di jejaring sosial mereka, seperti lebih dari satu juta pengikut di satu platform media sosial.

  • Makro-Influencer
Jenis makro ini umumnya memiliki pengikut di kisaran antara 40.000 hingga 1 juta pengikut di jejaring sosial. Karena itu mereka dikenal sebagai makro-influencer.

  • Mikro-Influencer
Mikro-influencer adalah orang-orang biasa yang telah dikenal karena pengetahuan mereka tentang beberapa niche. Dengan demikian, mereka biasanya mendapatkan pengikut media sosial yang cukup besar di antara ceruk tersebut.

  • Nano-Influencer
Ini adalah jenis baru yang mendapatkan pengakuan. Mereka cenderung ahli di bidang yang sangat terspesialisasi. Dalam kebanyakan kasus, mereka memiliki kurang dari 1.000 pengikut, tetapi bisa sangat berpengaruh bagi pengikut mereka.

baca juga : alasan promosi produk menggunakan influencer
  1. Berdasarkan Jenis Konten
Sebagian besar pemasaran influencer saat ini terjadi di sosial media, terutama dengan mikro influencer dan blogging. Tetapi dengan minat pada video, YouTuber dengan cepat menjadi lebih penting. Berikut adalah jenis-jenis influencer berdasarkan jenis konten:

  • YouTuber
Tentu saja, blog media bukan satu-satunya jenis konten yang populer di internet. Jenis konten favorit lainnya adalah video. Dalam hal ini, YouTube adalah salah satunya. Merek sekarang juga sering masuk ke konten YouTube populer.

  • Podcaster
Podcasting adalah bentuk konten online yang relatif baru yang mulai populer. Namun, strategi pemasaran podcast masih terus dikembangkan.

  • Blogger
Blogger dan influencer di sosial media (terutama mikro blogger) memiliki hubungan yang snagat otentik dan aktif dengan penggemar mereka. Mereka sekarang mengenali dan mendorong ini. Blogger telah terhubung dengan pemasaran influencer untuk beberapa waktu sekarang.

3. Pengaruh Berbasis Level

Beberapa jenis lain selain jenis konten dan jumlah pengikut juga ada berdasarkan tingkat pengaruhnya, antara lain:

  • Selebriti
Selebriti adalah influencer sejati, dan mereka memiliki peran untuk dimainkan, meskipun peran penting mereka sebagai orang berpengaruh mulai berkurang.

Trah ini tumbuh dari dukungan selebriti. Bisnis telah menemukan selama bertahun-tahun bahwa penjualan mereka biasanya meningkat ketika seorang selebriti mendukung atau mendukung produk mereka.

Selebriti mungkin memiliki penggemar dan pengikut media sosial yang besar. Namun, masih bisa diperdebatkan seberapa besar pengaruh nyata mereka terhadap orang-orang yang mengikuti mereka.

  • Pemimpin Opini Utama
Pakar industri dan pemimpin pemikiran seperti jurnalis juga dapat dianggap sebagai pemberi pengaruh dan posisi penting bagi sebuah merek. Pemimpin industri dan pemimpin pemikiran mendapatkan rasa hormat atas kualifikasi, posisi, atau pengalaman mereka dalam topik keahlian mereka.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top