SEOSATU
New Member
Panduan cara mengetahui tingkat persaingan dan kesulitan sebuah keyword yang akan di bidik, sehingga bisa mendapatkan waktu setup SEO lebih cepat, dan hasil lebih maksimal.
» Sebelumnya telah saya bahas tentang Cara riset keyword menggunakan tools Gratis : keyword planner Google
Teknik mengetahui Tingkat persaingan dan kesulitan keyword ada 2:
Cara #1 {GRATIS}
Setelah anda berhasil menemukan sejumlah keyword potensial, selanjunya mulai riset tingkat persaingan dan tingkat kesulitan lewat 10 besar situs / website yang tampil di halaman 1 google berdasarkan keyword yang anda bidik.
Cara #3 {TOOLS BERBAYAR}
Tools yang saya rekomendasikan untuk analisa tingkat persaingan keyword terpercaya dan mudah digunakan adalah, KWFINDER. Tools keyword riset ini memberikan data lengkap dan valid.
keterangan (yang perlu diset):
hasil analisa:
Total pencari rata2 setaip bulan: 14,798 x (masuk keyword potensial)
Tingkat persaingan: Possible / mungkin (medium)
Kasimpulan !
Untuk mendapatkan hasil analisa persaingan keywords disarankan menggabungkan 2 cara diatas, sehingga bisa memiliki bahan perbandingan dan realitas pada hasil search Google.
» Sebelumnya telah saya bahas tentang Cara riset keyword menggunakan tools Gratis : keyword planner Google
Teknik mengetahui Tingkat persaingan dan kesulitan keyword ada 2:
- Cara Gratis
- Menggunakan Tools Keyword riset berbayar (Premium)
Cara #1 {GRATIS}
Setelah anda berhasil menemukan sejumlah keyword potensial, selanjunya mulai riset tingkat persaingan dan tingkat kesulitan lewat 10 besar situs / website yang tampil di halaman 1 google berdasarkan keyword yang anda bidik.
- Hapus semua cache browser, hal ini bertujuan membersihkan riwayat atau history pencarian pribadi, karena akan mengganggu hasil serp google secara umum
- Buka google.co.id -> masukan keyword yang di targetkan, Cek 10 TOP website yang tampil di halaman pertama google, apakah isi konten setiap website itu memberikan informasi lengkap , relevan, dan sumber dapat dipercaya.
- Apabila 10 TOP situs yang tampil di halaman 1 google adalah situs populer seperti: media berita, e-commerce (lazada, tokopedia, bukalapak, dll) atau situs resmi perusahaan yang memiliki trust / kepercayaan user, maka keyword bisa di kategorikan tingkat persaingan sulit.
- Cek umur domain atau website dengan tool online: https://web.archive.org/ , apabila umur domain lebih lebih dari 3 – 5 tahun maka masuk katagori medium – sulit, karena sudah dipastikan memiliki baclink / popularitas yang kuat, namun hasil analisa ini bukan faktor utama.
- Lihat jumlah persingan total situs atau website yang menargetkan keywod dengan cara ketikan,
- allintitle: keyword, contoh = allintitle: jasa seo
- Nilai indikator tingkat persaingan:
- Under 1,000 – Low, mudah
- 1,000 – 4,000 – medium, sedang
- 4,000 – 6,000 – sulit
- 6,000+ – sangat sulit
- Disclaimer ! Cara :: allintitle ini merupakan faktor indikator tambahan, namun yang lebih valid adalah pada no.2 dan no.3
Cara #3 {TOOLS BERBAYAR}
Tools yang saya rekomendasikan untuk analisa tingkat persaingan keyword terpercaya dan mudah digunakan adalah, KWFINDER. Tools keyword riset ini memberikan data lengkap dan valid.

keterangan (yang perlu diset):
- suggestion : keyword
- lokasi

hasil analisa:
Total pencari rata2 setaip bulan: 14,798 x (masuk keyword potensial)
Tingkat persaingan: Possible / mungkin (medium)
Kasimpulan !
Untuk mendapatkan hasil analisa persaingan keywords disarankan menggabungkan 2 cara diatas, sehingga bisa memiliki bahan perbandingan dan realitas pada hasil search Google.