Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Status
Not open for further replies.

rans

New Member


Sebagai pemilik usaha, memiliki konsumen yang loyal merupakan hal yang sangat diharapkan untuk didapatkan. Idealnya para konsumen yang loyal inilah yang akan membeli produk Anda berulang kali. Loyalitas konsumen tidak terjadi dengan sendirinya. Mengandalkan produk yang berkualitas saja tidak cukup. Perlu dibuatkan aktivitas lain yang harus dilkukan untuk
mendapatkan konsumen yang loyal tersebut.

Berikut beberapa cara meningkatkan loyalitas konsumen yang dapat dilakukan, diantaranya:
Kenali Konsumen Anda.
Konsumen akan loyal jika mereka dikenali dan dihargai dengan baik. Dalam aktivitas ini yang dapat dilakukan adalah mendapatkan database konsumen yang dapat berisi beberapa info penting.
Mendengar Konsumen Anda.
Respon dari konsumen akan pengalamannya menggunakan produk yang dimiliki perlu Anda dengarkan dengan baik. Respon tersebut dapat berupa testimoni pengalaman yang menyenangkan dari produk dan layanan yang didapatkan ataupun kritikan yang sifatnya untuk perbaikan.
Memberikan Penghargaan.
Beragam hal yang dapat dilakukan dalam memberikan penghargaan kepada konsumen Misalnya membuat kartu keanggotaan khusus yang memberikan kemudahan kepada konsumen saat bertransaksi.
Memberikan Layanan Terbaik.
Pengalaman konsumen sejak mengenal produk, membeli, menggunakan dan mereferensikan produk kepada orang lain tentunya tidak bisa terlepas dari pengalaman akan kualitas pelayanan yang Anda berikan.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top