• Disclaimer
    Forum Maxmanroe tidak bertanggungjawab atas informasi atau promosi yang dibuat member.

Lakukan Hal ini Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang

creokreasi

New Member
Lakukan Hal ini Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang.jpg
Di era pandemi Covid-19, tentunya menjadi cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Meski demikian, teknologi yang sudah sedemikian maju menjadikan semuanya menjadi mungkin. Anda hanya berada di kantor, baik itu kantor konvensional, private office, maupun kantor virtual office, namun bisnis Anda bisa merambah ke banyak tempat.

Apa saja yang mesti dilakukan agar bisnis bisa menjadi semakin berkembang? Simak beberapa cara berikut ini.

Langkah pertama, lakukan survey, analisis dan rencanakan dengan matang.

Ini mutlak menjadi langkah pertama apapun bisnis Anda. Anda setidaknya melakukan survey di dua arah, pertama apa yang sebenarnya Anda mampu lakukan. Kedua, apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh publik. Bila Anda ternyata bisa memasak, dan publik membutuhkan makanan ringan untuk hal-hal tertentu, maka kedua hal itu akan saling melengkapi. Simbiosis yang saling menguntungkan.

Kebanyakan pebisnis pemula melupakan dua hal tersebut. Kadang ia membuat produk yang bukan keahliannya, sehingga hasilnya di bawah standar untuk ikut persaingan bisnis. Kadang, ia membuat produk yang tidak dibutuhkan publik. Sehingga, produknya tidak laku.

Surveynya bisa jadi sederhana, atau kecil-kecilan. Tapi untuk analisa dan perencanaan, mesti dilakukan dengan matang. Bisa jadi, ketika Anda sudah percaya diri dengan suatu ide usaha, namun setelah melakukan survey, Anda mesti menggantinya dengan usaha yang lain karena tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan publik. Seperti Anda punya ide membuat bisnis es krim, tapi di kutub utara. Tentunya hal itu sama dengan misi bunuh diri, bukan?

Langkah kedua, maksimalkan semua yang Anda miliki untuk produk Anda.

Apa yang Anda miliki, maka maksimalkan semuanya untuk produk Anda itu. Pastikan bahwa kualitasnya harus di atas standar, sehingga mampu bersaing. Misalnya Anda membuat makanan, maka pastikan bahan-bahannya adalah yang terbaik, serta diolah dengan cara terbaik pula. Bisa jadi harganya sedikit lebih mahal, tapi bila kualitasnya lebih baik, maka Anda akan menemukan pelanggan Anda.

Apabila memang dibutuhkan penambahan alat dan mesin, maka lakukan yang terbaik. Pelayanan dan tempat juga set dengan posisi terbaik. Bila Anda tidak punya kantor, namun dana tidak cukup besar untuk mendapatkan kantor yang bonafit, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa private office atau sering juga disebut serviced office. Jenis kantor satu ini bisa disewa dengan harga terjangkau, namun isi kantor langsung lengkap dan lokasinya pun strategis.

Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah layanan private office dari Menara Office. Anda bisa melihat ke situs resminya untuk mendapatkan informasi terkait layanan ini. Atau, Anda bisa menghubungi WA +62 819 28285389 untuk informasi lebih lanjut.

Langkah ketiga, bangun jaringan, relasi, dan mitra.

Membangun jaringan, mitra, relasi, dan sebagainya tentunya akan membuat usaha Anda terus berkembang dan semakin banyak menangkap peluang. Ada banyak pebisnis, misalnya bisnis kuliner, tapi tidak membangun relasi dengan pemasok bahan makanan. Lalu setiap hari justru ke pasar yang memiliki harga lebih tinggi.

Itu berarti Anda mesti lebih banyak berjalan-jalan. Anda juga mesti membangun tim terbaik, untuk persiapan, membuat produk, memasarkan, hingga mempromosikan. Di mana mencarinya?

Bila Anda menyewa private office, maka di dalam satu gedung yang sama, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang juga memulai bisnis. Anda bisa membangun silaturahmi dan jaringan dengan mereka, tentunya bisa mendukung bisnis Anda ke depannya.

Langkah keempat, promosikan produk Anda.

Tidak ada yang tahu dengan produk Anda bila Anda tidak mempromosikannya. Cara mempromosikan bisa berbagai cara, baik lewat media massa, media sosial, dan berbagai cara lainnya yang disesuaikan dengan daerah Anda. Semakin banyak orang yang tahu dengan produk Anda, maka akan semakin banyak pula calon pelanggan yang bisa Anda tarik.

Bila promosi Anda menggunakan foto, maka dapatkan foto dengan sudut pemotretan terbaik. Bila perlu gaet fotografer profesional untuk mendukung usaha Anda. Bila promosi Anda menggunakan kata-kata, maka pilih deskripsi yang singkat, padat, namun menarik. Bila perlu, gaet penulis profesional untuk mendukung hal tersebut.

Langkah kelima, jaga konsistensi brand

Selain terus melakukan branding, selanjutnya jaga imej Anda dengan menjaga konsistensi brand. Semakin sering Anda putar haluan, ganti arah bisnis, dan sebagainya, maka Anda akan menemukan pasar yang berbeda-beda. Hasilnya, Anda kesulitan mendapatkan pelanggan tetap.

Itulah gunanya di awal Anda melakukan perencanaan dengan matang. Selain itu, semakin terjaga kualitas brand Anda, maka akan semakin baik pula imej perusahaan Anda di mata publik.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top