Laporan Keuangan Bagi Pemula

rans

New Member


Laporan keuangan adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban yang harus diberikan oleh seorang pebisnis kepada para stakeholdernya. Merupakan ringkasan dari suatau proses pencatatan, ringkasan dari transaksi keuangan yang telah terjadi selama satu tahun yang telah berjalan. Dengan diketahuinya kondisi keuangan perusahaan yang dipimpinnya, maka sebagai pebisnis akan sangat terbantu dalam membuat kebijakan-kebijakan strategis untuk kemajuan perusahaan.
Lalu bagaimana cara membuat
laporan keuangan bagi pemula secara sederhana, berikut beberapa tahapan persiapan yang dapat dilakukan.

1. Membuat buku pencatatan pengeluaran
Pencatatan transaksi yang dimaksudkan disini adalah pencataan yang terpisah khusus untuk pengeluaran, mulai dari pembelian barang, penyewaan, atau transaksi lainnya. Adanya transaksi ini harus disertakan dengan bukti yang sah yang dapat dipertanggungjawabkan seperti kuitansi, faktur, nota dan sebagainya. Perlu ketelitian dalam proses pencatatan ini, karena harus ditulis dengan terperinci.

2. Membuat buku pencatatan pemasukan
Buku ini berisi dengan catatan pemasukan seperti hasil penjualan, pituang yang sudah terbayar dan lainnya. Pencatatannya dapat dilakukan harian, agar memudahkan dalam pembuatan laporan bulanan.

3. Membuat buku kas utama
Buku ini adalah buku gabungan antara buku catatan pengeluaran dan pemasukan. Dari pencatatan ini akan diketahui lebih detail seberapa besar keuntungan ataupun kerugian yang dimiliki perusahaan.

4. Membuat buku stok barang
Buku stok barang ini harus dilakukan dengan baik pencatatannya, dan dilakukan setiap saat secara berkelanjutan.Dengan pencatatan stok barang ini,akan termonitor stok barang yang dimiliki perusahaan. Misalnya akan diketahui kalau penjualan tinggi jika jumlah barang yang keluar dan masuk juga tinggi

5. Buku inventaris barang
Dalam buku ini berisi catatan tantang semua barang yang dimiliki perusahaan. Berfungsi agar aset perusahaan tetap terjaga

Setelah semua data-data diatas disiapkan, maka bisa dilakukan pembuatan laporan keuangan sederhana. Terdapat empat jenis laporan keuangan yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan arus kas.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top