Pengertian Segmentasi Pasar

Status
Not open for further replies.

rans

New Member



Segmentasi Pasar
adalah salah satu strategi dalam bisnis dengan melakukan identifikasi dan pengelompokan pasar sejenis yang besar menjadi segmen berdasarkan kesamaan, kemiripan, minat serta kebutuhan konsumen. Tujuan dilakukannya segmentasi pasar adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran yang tepat sesuai dengan konsumen yang menjadi sasaran pada segmen yang ditentukan perusahaan.
Segmentasi pasar saat ini merupakan salah satu metode yang efisien dilakukan oleh tenaga pemasar dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang manjadi target dari produk yang ditawarkan perusahaan. Para tenaga pemasaran ini juga dapat lebih mudah memfokuskan kampanye produk kepada konsumen yang dituju dengan efektif.
Terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan dalam menentukan segmentasi pasar, antara lain:

  1. Melakukan riset awal – Mengenali konsumen yang menjadi target produk Anda. Misalnya dengan memberikan beberapa pertanyaan terbuka.
  2. Tetapkan cara pengelompokan segmen yang dipilih– menentukan kriteria mana yang ingin dilakukan untuk mengelompokkan segmen pasar Anda. Kriteria yang dapat dipilih adalah berdasarkan :
    • Demografis.
    • Psikografis.
    • Perilaku.
    • Geografis.
  3. Rancang studi Anda – Mengajukan pertanyaaan berdasarkan demografis, psikografis, perilaku, atau geografis. Pastikan untuk membuat pertanyaan yang dapat terukur tingkat keberhasilannya.
  4. Tetapkan segmen pasar Anda – Melakukan analisa terhadap jawaban dari konsumen, baik dengan cara manual maupun dengan menggunakan statistik untuk menetapkan segmen pasar Anda.
  5. Uji dan Ulangi – Evaluasi segmen yang telah dipilih, sesuai dengan yang diterapkan atau tidak. Jika belum pas, dapat dilakukan kegiatan segmentasi dengan kriteria yang lain.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top