Point Penting Dalam Merenovasi Rumah Lama

minkana

New Member
sangat sering seorang suami rela membayar arsitek yg mahal sekalipun demi memberikan kenyaman terhadap isteri mereka dalam hal membuat kondisi rumah menjadi sangat kondusif. Akan tetapi, merenovasi rumah bukanlah hal mudah. Diperlukan beberapa hal agar renovasi bisa berjalan dengan lancar & tidak mengalami berbagai kendala yg menyusahkan.

Hal penting yg harus diperhatikan saat hendak merenovasi rumah adalah surat atau dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang Anda miliki. Bila renovasi yg akan dilakukan menjadikan rumah sangat berbeda dari asalnya, jangan lupa bertanya dulu kepada pihak pengembang sampai seberapa jauh Anda bisa merenovasinya. Lalu hal lain apalagi yang harus di perhatikan selain IMB dalan Merenovasi rumah ?


Buat peraturan untuk Tukang bangunan

Tetapkan peraturan kepada tukang bangunan yang mengerjakan renovasi rumah , yaitu mereka tdk boleh membuang sampah di luar area rumah Anda. Seluruh sisa bahan bangunan yang tak terpakai harus dibuang di bak sampah rumah Anda dan tidak boleh dalam keadaan berserakan. Bersihkan jalan depan rumah Anda jika masih ada pasir yang tersisa, agar tidak beterbangan dan mengotori halaman tetangga Anda jika tertiup angin. Selain itu, jangan membiarkan kebiasaan tukang bangunan yg hobi nongkrong dan merokok di depan rumah. Mintalah mereka untuk mengobrol di luar kompleks perumahan. Bisa jadi tetangga Anda keberatan dgn kebisingan dan asap rokok yg ditimbulkan. Apalagi para tukang ini berisiko membuang sampah bekas camilan dan rokoknya sembarangan.

Buat perencanaan yang matang

Lakukan penyesuaian perencanaan renovasi rumah dengan ketersediaan dana. Jangan pernah menganggap akan ada dana “tambahan” nantinya di tengah-tengah saat anda melakukan renovasi rumah. kendalikan diri (hawa nafsu) Anda dari keinginan untuk melakukan penambahan perbaikan rumah di luar perencanaan semula. Perubahan yg tiba-tiba akan mengakibatkan ada penambahan dana renovasi rumah.

Pastikan pihak yang akan mengerjakan

Kualitas bangunan selain tergantung dengan material yang digunakan, juga sangat dipengaruhi oleh pekerjanya. Material yang berkualitas harus diolah oleh orang-orang yang juga kompeten agar hasilnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Komunikasi

Simpan nomor telepon pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam proses renovasi rumah. Mulai dari desainer/arsitek, penjual keramik, furnitur, material, tukang kayu dan sebagainya. Jangan ragu menanyakan berbagai hal yang perlu Anda tahu dan keinginan terhadap tampilan rumah secara mendetail. Jangan lupa untuk mengucapkan pujian atau terima kasih terhadap hasil kerja mereka yang menurut Anda baik dan memperindah rumah.

Membuat perhitungan luas, letak, serta besar barang-barang di kamar mandi

Ada 3 pertimbangan utama yang sangat berpengaruh ketika mengerjakan renovasi pada kamar mandi, yakni keseluruhan luas kamar mandi, lokasi pipa air dan saluran pembuangan, serta dimensi keruangan yang ada pada kamar mandi. Untuk itu, pastikan Anda membuat perhitungan letak dan luas kamar mandi Anda serta barang-barang apa saja yang dibutuhkan ketika melakukan renovasi. Pastikan ukuran barang-barang tersebut sesuai dengan dimensi kamar mandi Anda. Akan sangat mengecewakan dan sia-sia bila ternyata barang yang sudah Anda beli tidak sesuai ukuran.

Pengaturan budget

Pengaturan budget menjadi bagian terpenting pada saat melakukan renovasi rumah. Anda harus mencari referensi dan mengecek harga kebutuhan bahan bangunan, biaya jasa pekerja, dan perabotan yang harus dibeli. Rencanakan dan hitung dengan matang anggaran biaya yang dibutuhkan. Pastikan anda memiliki cadangan biaya tambahan untuk biaya tidak terduga.
 

april247

New Member
Betul, kadang banyak orang yang gak tau tentang hal ini loh, termasuk saya dulu juga gak tahu... :D

Dulu mah saya asal renovasi rumah semaunya, ehh gak taunya ada peraturannya. Gak semabarangan bisa ngasal renovasi, apalagi sampai berbeda banget dari bentuk awalnya.

Ya kalau sekedar renovasi dari dalam, misal dekorasi ruangan, dinding, dll kagak masalah. Yang penting desain luarnya gak berubah.

Setelah tahu peraturan tentang renovasi rumahh ini, sekarang saya paling kalau renovasi ya sekedar renovasi interior aja. Kebetulan punya peralatan nukang yang lengkap mulai dari bor, gerinda tangan, palu, obeng cordless, gergaji standart, gergaji jigsaw, dll. Pokoknya lengkap deh, yang jual perkakas-perkakas di komplek juga masih kalah lengkap dibanding sama perkakas yang saya punya,, wkwkwk (lebay).:D
Eitss,, perkakas nukang yang saya punya juga bukan yang abal-abal lho, ada merk bosch, krisbow, dan mitutoyo, tau sendiri kan harga dan kualitasnya giman..? :cool:
 
Loading...

Thread Terbaru

Top