Wow, Apple Bakal Kembangkan Konsol Game, Siap Bersaing dengan Nintendo Switch

harbisindo

New Member
Wow, Apple Bakal Kembangkan Konsol Game, Siap Bersaing dengan Nintendo Switch

Apple telah berinvestasi di konten gim dengan menghadirkan layanan langganan permainan video Apple Arcade sejak 2019 lalu. Kini, raksasa teknologi itu dikabarkan bakal mengembangkan konsol mereka sendiri. Laporan dari iDrop News menyatakan produk tersebut akan hadir untuk bersaing di pasar konsol gim yang kini didominasi oleh Nintendo Switch, dan belum lama ini kedatangan pemain baru Steam Deck dari Valve.

Sumber yang dekat dengan perusahaan menyebutkan bahwa konsol Apple akan menjadi perangkat hybrid, kombinasi dari Switch dan PlayStation 5. Ini bisa berarti memiliki portabilitas seperti Switch dengan kekuatan seperti PlayStation 5.

Sebagaimana diketahui, konsol Nintendo Switch memiliki keunggulan utama dalam hal portabilitas, tetapi sejumlah pihak tidak cukup puas dengan keandalan performa yang dihasilkan.

Hal ini juga yang membuat Steam Deck dari Valve cukup digemari dan diprediksi memiliki kinerja yang baik. Pasalnya, konsol tersebut juga bersifat portabel plus kinerja yang mumpuni, dapat dengan mudah memainkan gim-gim AAA.

Lebih lanjut, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino juga dilaporkan sudah memulai pengembangan beberapa judul gim khusus, yang akan berkompetisi dengan judul populer Nintendo Switch seperti Breath of the Wild dan Mario Odyssey.

Bagaimanapun, Apple telah meluncurkan layanan berbasis langganan Apple Arcade yang memiliki akses ke gim berbayar dan gim di iOS atau iPad eksklusif. Ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam pengembangan lini gim.

Baca : Update iOS 15 Bikin Shutter Sound Kamera iPhone Jepang Bisa Dimatikan

Tak bisa dipungkiri bahwa industri gim merupakan salah satu bidang yang paling menguntungkan dalam beberapa waktu belakangan, terutama ketika adanya hantaman pandemi Covid-19.

Perusahaan seperti Netflix juga tengah gencar mengembangkan lini gim miliknya yang diintegrasikan dengan layanan di aplikasi video streaming. Perusahaan telah melakukan uji coba di sejumlah negara.

Sebagai informasi, seperti dilansir Gizchina, Apple sudah pernah meluncurkan konsol dengan nama Apple Bandai Pippin yang diproduksi antara tahun 1996 dan 1997 sebagai turunan dari platform Apple Macintosh.

Tujuan perusahaan ketika itu adalah untuk membuat sistem komputer murah yang sebagian besar ditujukan untuk memainkan perangkat multimedia berbasis compact disk (CD), terutama gim.

Sistem operasi yang dipakai adalah versi 7.5.2 system dan menggunakan prosesor PowerPC 603 66 MHz dengan modem 14,4 kb/s. Perangkat juga dilengkapi dengan Drive CD-Rom kecepatan 4 kali.

Akan tetapi, kinerja produk tersebut tidak berjalan baik. Bandai telah memproduksi sekitar 100.000 unit Apple Bandai Pippin tetapi hanya terjual 40.000, sebelum akhirnya perusahaan menghentikan produksi.

Sumber : https://hypeabis.id/read/5964/apple-...intendo-switch
 
Loading...

Thread Terbaru

Top