Apa itu Servo Motor? Kenali Cara Kerja Servo Motor beserta Fungsinya

Status
Not open for further replies.

jayadi

New Member
Servo motor atau motor servo adalah perangkat elektromekanis yang dirancang menggunakan sistem kontrol jenis loop tertutup (servo) sebagai penggerak dalam sebuah rangkaian yang menghasilkan torsi dan kecepatan yang berdasarkan arus listrik dan tegangan yang ada. Sederhananya motor servo ini perangkat listrik mandiri yang dapat mendorong, memutar objek dengan presisi tinggi. Jika ingin memutar suatu objek pada beberapa sudut atau jarak tertentu, maka bisa menggunakan motor servo.

Servo motor merupakan perangkat yang terdiri atas komponen motor dan juga sensor. Gabungan kedua perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mengatur beberapa komponen proses industri seperti mengatur kecepatan laju mesin, kemiringan, sudut, dan lain sebagainya. Terlebih semua ini dapat dilakukan secara presisi sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan adanya kesalahan atau error.

Servo motor tentu saja merupakan nama umum dari sebuah motor. Untuk jenis servo motor sendiri terdiri dari beberapa alat berikut:
  • Delta Servo ASD B3 SERIES
  • Delta Servo ASD-A3 SERIES
  • Delta Servo ASDA A2 SERIES
  • Delta Servo ASDA B2 SERIES
  • Delta Servo ASDA-A2R SERIES
  • Delta Servo ASDA-AB SERIES
  • Delta Servo ASDA-APLUS SERIES
  • Delta Servo ASDA-B SERIES
  • Delta Servo ASDA-M SERIES

Fungsi Servo Motor
Setelah mengetahui informasi mengenai jenis servo motor, kamu tentu saja merasa belum lengkap apabila belum mengetahui sebenarnya apa fungsi servo motor itu sendiri. Berikut beberapa fungsi atau aplikasi servo motor dalam kehidupan sehari-hari.
Menjalankan robotic arm
Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat satu ini. Robotic arm memang dirancang untuk meniru dan mempermudah pekerjaan manusia. Perangkat ini digunakan untuk menyimpan atau memindahkan barang terutama dengan beban berat. Nah, salah satu cara menjalankan robotic arm adalah dengan menggunakan servo motor.
Digunakan untuk mesin
Selain robotic arm, dalam dunia industri tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan mesin yang seluruhnya otomatis dan teratur. Misalnya saja mesin pemotong kemasan dan lainnya. Mesin ini juga supaya berjalan dengan teratur dilakukan dengan menggunakan motor servo, lho!
Penggunaan untuk printing dan packaging
Pemberian label pada kemasan juga membutuhkan kecepatan dan sudut tertentu agar bisa dilakukan secara tepat. Sama halnya dengan pengemasan barang. Oleh karena itu servo motor digunakan untuk memastikan bahwa seluruh proses terjadi dalam kontrol yang baik.

Cara Kerja Motor Servo
Motor servo bekerja dengan mengandalkan sinyal modulasi yang dikontrol oleh sistem kontrol. Lebar sinyal yang diterima oleh motor servo akan menentukan posisi sudut putaran pada poros motor. Sebagai contoh, apabila sinyal memiliki lebar 1,5 ms, poros akan bergerak menuju posisi sudut 90 derajat.
Sedangkan, jika sinyal memiliki lebar di bawah 1 ms, poros akan bergerak menuju posisi sudut 0 derajat. Kemudian, jika sinyal di atas 1,5 ms, poros akan bergerak menuju posisi sudut 180 derajat.
Setelah sinyal diterapkan, motor akan memberikan reaksi berupa gerakan dan menahan posisi yang telah ditargetkan. Namun, posisi motor tidak dapat bertahan terus-menerus, sehingga sinyal PWM perlu diulang setiap 2 ms agar posisi poros dapat tetap terjaga.
Motor terdiri dari beberapa komponen, yaitu motor DC, kontroler, sensor posisi, gearbox, dan aktuator. Motor DC dikendalikan oleh kontroler, sedangkan potensiometer berfungsi sebagai sensor posisi yang terhubung pada sistem gearbox.
Dengan prinsip kerja ini, motor mampu memberikan gerakan yang presisi dan akurat, dan dapat digunakan pada berbagai aplikasi yang memerlukan kontrol posisi yang presisi. Misalnya, pada robotika, kendali pesawat terbang, kamera, dan peralatan medis.

Keunggulan Motor Servo
Sama seperti motor listrik pada umumnya, motor servo juga memiliki kelebihan, diantaranya:
  • Akurasi tinggi
  • Tidak bergetar dan beresonasi saat beroperasi.
  • Efisiensi Tinggi
  • Rasio Torsi terhadap inersia tinggi
  • Tidak bising meskipun pada RPM tinggi
  • Fleksibel
  • Mudah dikontrol dan diprogram melalui output digital
Informasi di atas merupakan penutup dari penjelasan keseluruhan terkait apa itu servo motor. Semoga penjelasan tadi bisa membantu kamu untuk memahami servo motor dengan lebih mudah, ya!

Sumber: https://misel.co.id/mengenal-lebih-lanjut-apa-itu-servo-motor/
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top