Cara Membuat Meja Dapur Dari Baja Ringan

Status
Not open for further replies.

interiordesigni

New Member
Sepertinya, setiap rumah pasti ada bagian dapur di dalamnya. Peran dapur cukup penting, salah satunya adalah tempat dimana kebutuhan makanan disiapkan. Oleh sebab itu, pemilihan furniture juga tidak boleh sembarangan. Furniture seperti meja dapur layak diberi perhatian.




Dari sekian jenis, meja dapur dari baja ringan sepertinya banyak dipilih. Meterial tersebut dinilai cukup kokoh sehingga awet dipakai dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa buat sendiri meja dapur baja ringan jika ingin mencobanya. Caranya cukup mudah, Ada bisa perhatikan detailnya melalui pembahasan di bawah ini

Meja Dapur Baja Ringan Punya Banyak Kelebihan

Faktanya, Ada cukup banyak material yang bisa dipakai untuk meja dapur. Mulai dari kayu, stainless, granit, marmer, dan sebagainya. Meja dapur baja ringan terbukti cukup banyak dipilih. Alasannya adalah meja dapur bahan ini punya banyak kelebihan, sehingga ada daya tarik tersendiri. Berikut apa saja keunggulannya

Tidak Perlu Pengecatan

Meja dapur dari baja ringan ini termasuk murah. Paling tidak, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pengecatan. Beda dengan meja dapur lain yang perlu dilakukan proses pengecatan sebagai finishing. Dengan tidak perlunya proses pengecatan, Anda bisa dikatakan lebih hemat pengeluaran.

Tahap Karat

Beberapa orang mungkin masih suka pakai meja dapur dari besi atau stainless steal. Namun, bahan-bahan tersebut sama sekali tidak menjamin bebas dari karat. Anda mungkin masih direpotkan dengan melapisi meja dengan cairan anti karat. Apalagi meja dapur rawan terkena bahan-bahan pencetus karat seperti air garam, dan lainnya.

Dengan menggunakan meja dapur dari baja ringan, resiko karat kecil bahkan tidak ada sama sekali. Meja dapur Anda bisa makin awet tanpa perlu perawatan mahal. Inilah mengapa meja dapur jenis ini lebih banyak dipilih.

Praktis

Model meja dapur baja ringan ini tampilannya cukup simple. Ramping serta desainnya sama sekali tidak makan tempat. Cocok untuk ruangan dapur yang tidak terlalu luas. Modelnya pun bisa dikreasikan sendiri, bisa dibuat lebar, agak rendah, dan sebagainya.

Cepat Dalam Pengerjaan

Sifat baja ringan ini termasuk lentur sehingga mudah dibentuk sesuai model yang diinginkan. Hal tersebut juga berpengaruh pada kecepatan pengerjaan meja dapur dari baja ringan. Buat Anda yang butuh meja dapur segera, bahan ini adalah material terbaik.

Cara Buat Meja Dapur Baja Ringan

Meja dapur baja ringan sebetulnya dapat dibeli di toko-toko furniture. Hanya saja, mungkin Anda ingin membuat sendiri sesuai model yang diinginkan pun bisa. Tinggal siapkan saja bahan-bahannya dengan baik. Perhatikan langkahnya lebih terperinci melalui pembahasa di bawah ini

Siapkan Baja Ringan Ukuran 0,75 mm

Langkah pertama untuk membuat meja dapur dari baja ringan adalah siapkan baja ringan ukuran 0,75 mm jenis kanal C. Ketebalan seperti ini dianggap cukup cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan meja dapur. Meja dapur jadi lebih kokoh dan kuat. Anda bisa pakai dengan ketebalan lebih tinggi jika memang menginginkannya.

Rangkai Kerangka Atas Meja

Tekuk saja sesuai pola. Kencangkan dengan paku roofing ukuran 4mm. Sebelumnya lubangi dulu dengan mata bor dengan ukuran yang sama. Supaya makin kuat pasang 2 paku roofing di setiap sambungannya.

Buat Lubang 4 Buah Setiap Pojokan

Untuk membuat bagian atas dan bawah meja dapur dari baja ringan dapat menyambung, buat 4 lubang di setiap pojokan. Ukur dari ujung dengan panjang tertentu. Potong menggunakan grinda, dan gunting bagian tengahnya. Setelah itu bagian tengahnya tinggal ditekuk. Ini akan berfungsi sebagai lubang penyangga.

Siapkan Kaki Meja

Potong sesuai ukuran sesuai ukuran yang diinginkan. Sama dengan cara sebelumnya, buat lubang untuk menyambungkan bagian-bagiannya. Jika lubang sudah siap tinggal sambung semua bagian yang ada. Langsung masukkan pada lubang yang tersedia.

Kencangkan Menggunakan Paku Roofing

Merupakan tahap cukup penting dalam pembuatan meja dapur dari baja ringan. Tahap pengencangan bagian-bagian kerangka meja. Oleh sebab itu, jangan hanya disambungkan sesuai lubang yang tersedia saja. Kencangkan juga dengan paku roofing ukuran 4mm. Pastikan setiap sudutnya punya ukuran 90 derajat. Mengukurnya pakai penggaris siku.

Gabungkan Semua Bagian

Tahap selanjutnya tinggal gabungkan semua kerangka meja. Baik bagian bawah, kaki-kaki, hingga bagian atas. Jangan lupa kencangkan setiap bagian menggunakan paku rooping sehingga jauh lebih kuat. Setelah menjadi kerangka, pastikan juga setiap komponennya terpasang dengan baik.

Pasang Permukaan Meja Dengan Keramik

Meskipun meja dapur dari baja ringan, Anda tetap butuh bahan lain terutama untuk bagian permukaaannya. Anda boleh pakai keramik dengan ukuran yang sudah lebih dulu ditentukan. Pastikan ukurannya pas atau sesuai dengan rangka bagian atas meja. Rekatkan bagian keramik dengan lem kaca. Dengan begitu keramik bisa menempel dengan baik dengan baja ringan.

Meja Dapur Baja Ringan Siap Digunakan

Apabila rem perekat keramik dan baja ringan sudah mengering, meja dapur sudah siap dipakai. Anda tidak perlu melakukan pengecatan. Pasalnya tampilan meja dapur baja ringan sudah sangat menarik dan bebas karat.

Itu dia tadi bagaimana cara membuat meja dapur dari baja ringan. Bagi Anda yang penasaran, ingin buat sendiri, coba ikuti saja langkah-langkah di atas.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top