Ini Nih Countach LPI 800-4, Sosok Reinkarnasi Mobil Ikon Lamborghini

Status
Not open for further replies.

Kukuh_03

New Member
Ini Nih Countach LPI 800-4, Sosok Reinkarnasi Mobil Ikon Lamborghini

Beda pendapat soal pemimpin itu dilahirkan atau diciptakan itu mirip soal pandangan terhadap suatu ikon produk mobil. Dalam hal ini, Lamborghini punya posisi yang tegas. Di Lamborghini, Countach adalah salah satu model paling ikonik dalam sejarah perusahaan dan dunia otomotif pada umumnya. Model Countach pertama yang direkontruksi adalah LP 500 oleh Polo Storico. Versi kontemporernya terlahir sebagai Countach LPI 800-4.

Countach LPI 800-4 adalah penghargaan untuk warisan Lamborghini, di mana desain visioner bertemu dengan teknologi masa depan. Perayaan hari jadinya yang ke-50 tahun ditutup dengan diskusi tentang keunggulan mobil ikonik itu.

Stephen Bayley, penulis, kurator, kritikus, ahli desain dan pendiri Design Museum di London, membuka diskusi dengan menjelaskan konsep klasik. “Ini adalah sesuatu yang definitif dan universal, di mana secara definitif adalah konsep yang melampaui berlalunya waktu dan makna universal yang disukai semua orang.”

Bayley kemudian menjelaskan dengan contoh kota yang dikenali karena bangunan yang membentuk cakrawalanya, seperti Paris dengan Menara Eiffel dan Basilika Montmartre, Florence dengan Duomo dan menara loncengnya, atau London dengan Big Ben dan The Shard yang menjulang tinggi di lintasan Sungai Thames.

Desain karya individu tersebut sangat luar biasa dan sangat kuat sehingga membuat bangunan tersebut berbeda dari yang lain. Bentuknya hampir tidak dapat diperbaiki, tetapi beberapa detail dapat dikembangkan, menjaga konsep dasar tetap utuh.

"Inilah yang saya pikirkan saat melihat dua Lamborghini Countachs secara berdampingan: LP 500 1971 dan Countach LPI 800-4 yang baru. Lima puluh tahun sejarah tatap muka dan ikon waktu mereka, yang gaya khas dan kinerja yang luar biasa telah menempatkan mereka di elit otomotif," katanya.

Mitja Borkert, Kepala Desain Lamborghini, mengatakan bahwa ada karya seni yang selalu relevan, dan desain Countach adalah salah satunya. Fiturnya khas, ditentukan oleh satu garis memanjang, yang secara visual menghubungkan bagian depan dan belakangnya.

"Ini adalah inspirasi yang sempurna, karena bahkan jika Anda mengubah sisanya, ini adalah elemen kontinuitas visual antara masa lalu dan masa kini. Ini adalah jumlah elemen desain dalam DNA Lamborghini, tradisi bahasa gaya dari asal-usul perusahaan hingga hari ini.”

Baca : Mercedes Benz kimpoikan Dua Solusi Konektivitas Mobilnya

Federico Foschini, Chief Marketing and Sales Officer, yang membawahi Polo Storico Lamborghini, mengatakan rekonstruksi Countach pertama membutuhkan 25.000 jam kerja dan studi dan melibatkan setiap departemen perusahaan.

"Kami ingin membuat ulang prototipe LP 500 yang dipresentasikan di Geneva Motor Show 1971, prototipe yang sama yang setelah bertahun-tahun uji jalan dihancurkan dalam uji tabrak yang diperlukan untuk mendapatkan homologasi."

Menurutnya, hanya sedikit orang yang melihatnya secara langsung, tetapi semua orang jatuh cinta padanya dari foto-fotonya. Perhatian dan kesuksesan yang dicapai dari rekonstruksi ini adalah tanda yang jelas bahwa mobil itu sekarang menjadi legenda.

"Yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa itu menarik generasi yang berbeda, meskipun mereka biasanya cukup jauh dalam hal selera dan definisi kecantikan.”

Bagi Maurizio Reggiani, Chief Technical Officer dan anggota Comitato dei Saggi Polo Storico, mengatakan Countach LPI 800-4 baru memiliki semua karakteristik yang diperlukan untuk menjadi bagian dari imajinasi kolektif.

"Formula teknis LP 500, dengan mesin V12 dalam posisi memanjang di belakang dan girboks diposisikan di depan di belakang kokpit, membawa cara baru membayangkan mobil sport super baik dari segi desain maupun performa," katanya.

Pintu yang terbuka secara vertikal, yang memulai debutnya pada LP 500, dan tata letak mekanisnya tetap tidak berubah, menegaskan pilihan aslinya. Countach LPI 800-4 menambahkan teknologi modern, termasuk material komposit, peningkatan fitur aerodinamis, dan mesin hibrida 12 silinder yang dilengkapi dengan superkapasitor dan penggerak empat roda. "Semua elemen yang tidak mengubah semangat luar biasa dari Countach asli.”

Sebanyak 112 unit Countach LPI 800-4 akan diproduksi. Mobil-mobil tersebut, yang semuanya telah terjual sebelum secara resmi diluncurkan ke publik, akan dikirimkan pada 2022. Sebagian besar pesanan dilakukan oleh para penggemar yang sudah memiliki model Countach asli dan tidak dapat menahan godaan untuk mengonfigurasi mobil baru mereka.

Sumber : https://bisnisindonesia.id/article/c...kon-lamborgini
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top