Inilah Beberapa Penyebab Server Down

Status
Not open for further replies.

jayadi

New Member
Ketika kamu melakukan kunjungan terhadap sebuah website, layaknya e-commerce atau website pendidikan, dan lain sebagainya, kamu mengalami masalah. Masalah yang dimaksut seperti waktu loading yang lama atau malah tidak bisa dibuka sama sekali. Berbagai situs web yang telah berada dalam skala besar ataupun kecil umumnya tidak luput mengalami problematika ini, yang mana umumnya lebih sering dikatakan sebagai server down. Bagaimana apakah kamu sering mendengar istilah server down ini? Masih merasa asing? Yuk, kita ulas pembahasan mengenai server down ini bersama-sama.

Server merupakan sistem komputer yang menyuguhkan berbagai bentuk layanan yang terdapat pada jaringan sebuah komputer. Berfungsi sebagai pengontrol jaringan dan memberikan akses workstation kepada sub jaringan. Nah, istilah kegagalan dalam server dapat disebut sebagai server down, yang mana pada server down ini server mengalahkan bentuk kegagalan sehingga tidak lagi bisa diakses dengan baik.

Penyebab Server Down
Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab server down adalah membludaknya jumlah traffic. Untuk menyiasati hal ini, kamu dapat meningkatkan kapasitas web hosting a tau melakukan filterisasi terhadap sejumlah IP yang dicurigai menjadi faktor membludaknya traffic. Adanya masalah pada DNS juga dapat menyebabkan server down, maka dari itu penting bagi kamu untuk memastikan apakah DNS telah terpasang di hosting dengan tepat atau belum. Bisa saja permasalahan yang menyebabkan website server down terletak pada terblokirnya IP address. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu dapat melakukan reset terhadap TCP/IP Address.

Penyebab website down yang berikutnya adalah munculnya hacker attack atau serangan hacker. Berbagai serangan dapat mengganggu dan menyebabkan kendala pada website seperti malware, XSS, SQL Injection dan DDoS. Adanya pemasangan listrik juga menjadi salah satu faktor penyebab server down. Ini bisa terjadi karena saat data center mengalami masalah, seperti server mati, tentu saja website pun ikut terkena dampaknya. Faktor yang satu ini merupakan faktor yang tidak dapat diprediksi atau diperhitungkan, cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi natural disaster atau bencana alam ini adalah dengan melakukan perencanaan terhadap recovery.

Penggunaan aplikasi bajakan alias ilegal ini juga dapat mempengaruhi kinerja hosting yang terdapat pada website milik kamu, yang tentunya dapat menimbulkan server down. SPOF (Single Point Of Failure) dapat disebut sebagai sebuah kelemahan yang terdapat dalam suatu sistem. Berbagai masalah layaknya failed, error dan gagal berjalan, bisa membuat seluruh sistem menghentikan kinerjanya. Perancangan desain yang baik, pemilihan hardware yang tepat, serta monitoring sistem yang disiplin, dapat menjadi cara terbaik untuk menghindari permasalahan SPOF ini.

Faktor selanjutnya adalah maintenance server. Nah, maintenance server ini sangat umum dilakukan, karena maintenance server merupakan kegiatan yang diberlakukan oleh penyedia layanan hosting secara rutin dan berkala. Dimana dengan adanya Maintenance server ini, performa website dapat ditingkatkan dan berbagai permasalahan pun juga mampu untuk ditinjau kembali. Faktor yang juga bisa menjadi penyebab website down yang terakhir adalah kesalahan pada struktur kode website. Yup, bisa saja terdapat berbagai penulisan yang typo dan simbol yang belum komplit. Kesalahan pada struktur kode ini dapat memporak-porandakan keseluruhan website.

Dari penjelasan di atas kita sudah bisa mengetahui apa-apa saja yang bisa menyebabkan sebuah server atau website down. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mempunyai server yang lancar.

Sumber: https://cloudraya.com/blog/penyebab-server-down-yuk-cari-tahu-di-sini-ini/
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top