Jenis Strategi Penetapan Harga

Status
Not open for further replies.

rans

New Member


Terdapat dua pendekatan dalam penetapan harga suatu produk yaitu penetapan harga berbasis pasar dan berbasis biaya. Dalam penetapan berbasis pasar, perusahaan akan lebih mempertimbangkan faktor pasar (konsumen dan pesaing) dalam penetapan harga. Sedangkan penetapan harga berbasis biaya, menempatkan biaya produksi menjadi pertimbangan utama dalam menetapkan harga. Berikut beberapa strategi penetapan harga:

Basing-point pricing
Pendekatan basing-point pricing adalah adanya penambahan biaya pengiriman ke konsumen berdasarkan lokasi mereka dari titik panduan tertentu. Semakin jauh lokasinya, semakin besar biaya pengiriman den harga produk akan semakin mahal,

By-product pricing
Merupakan strategi penetapan harga di mana produk sampingan dari suatu proses juga dijual secara terpisah dengan harga tertentu untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Break-even pricing
Strategi ini adalah strategi perusahaan menetapkan harga jual pada titik impas.

Captive pricing
Perusahaan menetapkan harga yang berbeda untuk produk utama dengan produk aksesoris. Umumnya, harga produk utama lebih murah daripada aksesori produk.

Competition-based pricing
Strategi penetapan harga dimana perusahaan menetapkan harga untuk produknya setelah mengamati produk pesaing. Harga jual kemungkinannya dapat sedikit dibawah, sama atau diatas harga kompetitor.

Discriminatory pricing
Strategi dimana perusahaan akan menetapkan harga yang berbeda terhadap kelompok konsumen yang berbeda untuk jenis produk atau layanan yang sama.

Freight-absorption pricing
Strategi penetapan harga geografis di mana penjual menyerap semua atau sebagian dari biaya pengiriman untuk mendapatkan bisnis yang diinginkan.

Loss leader pricing
Strategi ini memberi harga produk lebih rendah dari biaya produksinya untuk menarik konsumen atau menjual produk lain yang lebih mahal.

Markup pricing
Markup pricing atau disebut juga denga cost-based pricing adalah penetapan harga dimana perusahaan menambahkan nilai keuntungan kedalam setiap unit produk atau layanan yang dijual.

Peak-load pricing
Strategi penetapan harga dimana perusahaan memberikan harga yang berbeda kepada konsumen sesuai dengan kondisi permintaan.

Predatory pricing
Strategi yang menetapkan harga jual lebih rendah (rugi) dalam upaya menghilangkan persaingan dan membangun hambatan masuk.

Prestige pricing
Menetapkan harga yang tinggi untuk memberikan kesan produk yang lebih baik atau superior.

Price skimming
Srategi penetapan harga dimana perusahaan menetapkan harga yang tinggi diawal dan menurunkannya secara perlahan. Umumnya strategi ini dilakukan pada produk-produk dari penemuan terbaru atau produk yang sangat terdeferensiasi.

Product line pricing
Penetapan harga ini melibatkan pemisahan barang dan layanan ke dalam kategori biaya untuk menciptakan berbagai tingkat kualitas yang dirasakan di benak konsumen. Perusahaan mengelompokkan produk ke dalam kategori biaya.

Promotional pricing
Menawarkan harga jual yang lebih rendah dari harga yang umumnya, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.

Target pricing
Proses memperkirakan harga yang kompetitif di pasar dan menerapkan margin keuntungan standar perusahaan pada harga tersebut untuk mencapai biaya maksimum yang dapat dimiliki produk baru.

Uniform-delivered pricing
Strategi ini adalah kebalikan dari strategi basing-point pricing, dimana konsumen akan membayar dengan harga yang sama tanpa melihat jarak dari titik pengiriman produk.

Value based pricing
Strategi ini adalah menetapkan harga yang sesuai dengan persepsi yang dirasakan konsumen kepada produk yang ditawarkan. Perusahaan dapat melakukannya dengan melihat harga yang ditetapkan oleh kompetitor sebagai pembanding dalam menantukan harga.

Zone pricing
Strategi penetapan harga dimana perusahaan akan menetapkan harga yang berbeda pada zona atau kawasan yang berbeda. Jika berdasarkan lokasi dari pengiriman, maka akan disebut basing point pricing. Selain berdasarkan jarak dari titik pengiriman, terdapat faktor lain juga sebagai pertimbangan dalam menetapkan zona misalnya jumlah pesaing dalam masing-masing wilayah, infrastruktur untuk transportasi dan kepadatan penduduk di wilayah tersebut.

 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top