Melakukan Komunikasi yang Efektif

Status
Not open for further replies.

rans

New Member


Komunikasi adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari dalam setiap peran yang kita dilakukan di lingkungan masyarakat. Begitu juga dalam lingkungan bisnis,
membangun komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan agar bisnis berjalan dengan baik.

Terdapat berbagai pengelompokan tentang jenis komunikasi, namun berdasarkan bentuk penyampaiannya dapat diabagi dalam tiga jenis yaitu komunikasi verbal, komunikasi non-verbal dan komunikasi tertulis. Berikut adalah pembahasan singkatnya dari ketiga jenis komunikasi tersebut.

Komunikasi verbal. Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi lisan yang disampaikan melalui kata-kata secara langsung oleh pemberi pesan kepada penerima pesan seperti pembicaraan tatap muka, diskusi, presentasi dan lainnya
Komunikasi non-verbal. Komunikasi non-verbal adalah penyampaian informasi melalui penggunaaan bahasa tubuh, termasuk kontak mata, ekspresi wajah, sentuhan, penampilan hingga gerakan tubuh.
Komunikasi tertulis. Komunikasi tertulis adalah penyampaian pesan dengan menggunakan berbagai tanda, simbol, gambar, dan tulisan.

Untuk melakukan komunikasi yang efektif terdapat 7 hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pesan yang dimaksud agar dapat dimengerti dengan benar. Ketujuh hal ini dalam ilmu komunikasi dikenal dengan istilah 7C of Communication, yang terdiri dari:

  1. Clear (jelas)
  2. Concise (ringkas)
  3. Concrete (konkret)
  4. Correct (benar)
  5. Coherent (masuk akal)
  6. Complete (lengkap)
  7. Courteous (sopan)
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top