
Digital Marketing atau pemasaran digital adalah aktivitas mempromosikan sebuah brand, produk, atau jasa dengan memanfaatkan media digital. Dengan dukungan media digital, jangkauan promosi tentu akan jauh lebih luas bila dibandingkan dengan media promosi konvensional. Selain itu, dengan dukungan media digital, aktivitas promosi akan tepat sasaran. Artinya, konsumen yang dibidik adalah mereka yang berpotensi untuk menjadi targeted customers.
Di era serba digital seperti saat ini, aktivitas promosi dengan menggunakan media digital tentu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis. Terlebih masyarakat dunia kini telah terbiasa mengakses berbagai informasi dengan menggunakan jaringan internet. Kondisi semacam ini tentu menjadi peluang emas bagi para pelaku bisnis untuk merambah pasar mereka ke pasar dunia dengan dukungan dari layanan marketing digital. Kondisi semacam ini juga seolah menciptakan ‘ketergantungan’ bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan layanan marketing digital ini untuk mengembangkan bisnis mereka.
Marketing digital kini juga merambah ke media lainnya seperti menampilkan pesan iklan via teks/ SMS yang kemudian dapat dengan mudah dibagikan ke perangkat-perangkat ponsel. Marketing digital juga turut mengkombinasikan beberapa aspek seperti aspek humanis, psikologi, teknologi, dan antropologi. Nah, dengan mengkombinasikan keempat aspek ini, tentu tujuan utama dari marketing agency dapat tercapai dengan sangat baik. Hasilnya, akan tercipta interaksi yang optimal antara produsen, konsumen, dan perantara pasar. Saat ini, marketing digital tengah mengalami perluasan guna mendukung layanan yang diberikan oleh para pelaku bisnis. Salah satu sisi yang dioptimalkan lagi adalah keterlibatan konsumen dalam menjalankan aktivitas pasar.
Dalam pelaksanaan digital marketing, terdapat 2 pilihan strategi, yaitu strategi tarik dan strategi dorong.
- Strategi tarik adalah sebuah strategi yang melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan menerima informasi langsung dari situs atau sebuah mesin pencari. Dalam hal ini, konsumen aktif untuk mencari informasi seputar produk/ layanan yang dibutuhkan. Umumnya informasi yang dibutuhkan mudah dijumpai di web, blog, video, dan media digital lainnya.
- Strategi dorong adalah sebuah strategi marketing yang mana team marketing agency menyuguhkan informasi kepada konsumen via iklan yang dipromosikan di berbagai media sosial, email, SMS, MMS, RSS, dan lain sebagainya.