Tips Mudah Mengatasi Jamur Pada Jaket Kulit

Status
Not open for further replies.

Renata80

New Member
Jamur adalah musuh utama dari jaket kulit asli, dampak yang ditimbulkan bisa bermacam macam, mulai dari muncul bau tidak sedap hinga bisa merusak bahan kulit. Karena itu bagi pemilik produk fashion berbahan kulit harus mengenali terlebih dahulu bagaimana ciri dan penyebab jaket kulit terkena jamur.

CIRI JAKET KULIT TERKENA JAMUR
Jaket kulit yang sudah ditumbuhi jamur tandanya adalah terdapat bercak-bercak putih yang menempel dan dapat menimbulkan bau apek. Bercak ini jika dibiarkan akan semakin sulit ketika dibersihkan serta apabila dibiarkan maka lama-kelamaan akan merusak jaket kulit. Untuk itu apabila telah mengetahui ciri-ciri dari jaket kulit yang berjamur segeralah untuk langsung membersihkannya jangan dibiarkan berlarut-larut jika tidak ingin jaket kulit menjadi rusak karena jamur.

PENYEBAB JAKET KULIT BERJAMUR
Jaket kulit yang terkena jamur bukan tanpa sebab, pasti ada saja faktor yang mempengaruhi mengapa jaket kulit bisa berjamur. Umumnya jamur terjadi karena faktor tempat penyimpanan yang lembab dan kurang terkena cahaya. Sebaiknya jangan pernah meninggalkan jaket kulit dalam kondisi basah, segera keringkan jika tidak ingin terkena masalah jamur.

Faktor lainnya ialah karena terkena debu dan kotoran, bagi orang yang tidak memperhatikan jaketnya, hal tersebut dapat menimbulkan pertumbuhan jamur, ditambah dengan keringan pemakainya yang menempel pada jaket kulit.

Karena apabila air, kotaran dan debu menempel pada jaket serta dibiarkan begitu saja tidak ada penanganan yang lebih lanjut, maka kemungkinan besar jaket kulit akan ditumbuhi jamur yang lama kelamaan jamur tersebut akan menyebar dan menyebabkan kerusakan pada jaket kulit. Oleh sebab itu perlu penanganan agar jaket kulit terhindar dari jamur dan apabila sudah terkena jamur dapat melakukan cara pembersihan untuk jaket kulit.

jaket kulit berjamur.jpg
Jaket Kulit Berjamur​

CARA MENGATASI JAKET KULIT BERJAMUR
Berikut tips cara membersihkan jaket kulit yang berjamur supaya jaket kulit menjadi bersih dan juga awet.
  • Yang pertama, jika Anda mendapati jamur yang menempel pada jaket kulit, cara membersihkannya cukup dengan menyiapkan spons pencuci piring, gunakan bagian sisi halus sponsnya untuk membersihkan jamur tersebut, bersihkan dengan lembut dan teliti.
  • Yang kedua, bisa menggunakan minyak nabati untuk membersihkannya, dengan cara meneteskan minyak nabati pada noda jamur kemudian menggosoknya secara perlahan pada permukaan jaket kulit agar tidak merusak permukaan jaket.
  • Dan yang ketiga adalah dengan cara menggunakan Lotion khusus produk kulit. Gosokan lotion anti jamur secara perlahan dan merata pada permukaan jaket kulit selanjutnya diamkan agar lotion dapat meresap kedalam jaket.
  • Jika jamur masih membandel anda bisa membawanya langsung kepada profesional untuk ditangani.

CARA MENCEGAH JAKET KULIT BERJAMUR
Selanjutnya untuk mencegah agar jamur tidak muncul lagi dikemudian hari, Anda dapat melakukan tips berikut :
  • Jaga kondisi jaket kulit selalu dalam keadaan kering.
  • Hindari menyimpan jaket kulit di tempat yang tertutup dan pengap.
  • Hindari tempat penyimpanan jaket kulit yang lembab.
  • Simpan jaket kulit ditempat yang mendapat cahaya dan sirkulasi udara cukup baik.

Demikianlah sedikit tips sederhana seputar jamur dan cara mengatasinya pada jaket kulit asli, semoga bermanfaat.
 

OmTon

New Member
Tidak hanya jaket kulit, pakaian dari bahan kain seperti baju, celana juga kalau terlalu lama disimpan dalam lemari akan jamuran. Tapi yang paling kentara memang bahan kulit seperti jaket dan sepatu kulit kelihatan banget bercak bercak putih gitu
BTW terimakasih tipsnya
 

andimey

New Member
thanks kak infonya, kebetulan aku ada jaket cardigan yg waktu itu aku beli di buttonscarves tp dia bahannya rajut.. itu gmn ya cara rawatnya biar ga gampang kusut?
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top