YutNori
New Member

Mungkin saat ini sulit untuk menemukan orang yang tidak menggunakan sosial media. Banyak orang menganggap bahwa platform sosial media seperti Twitter, Facebook dan Instagram sebagai jembatan untuk bisa terhubung dengan teman dan keluarga. Namun sosial media sekarang telah melebarkan sayap dengan menyediakan peluang untuk segala jenis bisnis yang ada. Berikut ini adalah tips bagaimana menggunakan sosial media untuk bisnis dan bagaimana marketing di sosial media bisa membantu dalam pencapaian tujuan bisnis dan meningkatkan awareness brand dari barang dan jasa yang kamu tawarkan.
1. Perencanaan yang Matang dan Terarah
Apakah bisnismu memiliki website atau tidak, ada beberapa keuntungan ketika kamu menggunakan sosial media untuk kepentingan kehadiran online bisnismu termasuk:
- Simpel dan cepat: desain yang mudah digunakan membuat brandmu bisa hadir dengan cepat ke depan visitor.
- Biaya yang efektif: sosial media bisa kamu gunakan dengan biaya yang sangat murah dan bahkan gratis.
- Sosial media adalah tempat untuk mencapai dan menghubungkan konsumen dan calon konsumen.
Namun jika website bukan termasuk strategi atau budgetmu terbatas, bisnismu tetap bisa mendapatkan keuntungan jika kamu mendaftarkan nama domain yang unik dan deskriptif. Dua cara utama untuk menggunakan domain (atau multiple domain) untuk mendukung kehadiran sosial adalah:
- Sebagai alamat website dengan brand yang menguatkan kehadiran sosialmu
- Sebagai alamat email untuk medorong kehadiran sosial sekaligus memberikan kredibilitas pada bisnismu.
Cara terbaik untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong interaksi user adalah dengan memberikan konten yang menarik, intens, dan berkualitas tinggi dalam website dan kehadiran sosial, atau dengan memberikan artikel blog yang menargetkan audiens. Berikut ini tipsnya:
- Lakukan perencanaan: ketahui apa tujuan konten tersebut bagi bisnismu. Apakah kamu bertujuan untuk menjadi brand terbaik atau untuk brand awareness? Rancangan itulah yang akan membantumu melihat apa yang akan kamu hadapi dan membantumu mengukur apakah strategi tesebut berhasil atau gagal.
- Tentukan audiens: ketahui siapa mereka, apa yang mereka ketahui, dan –yang terpenting –apa yang tidak mereka ketahui. Ini akan membantumu saat membuat konten.
- Sesuai passion: konten yang kamu buat akan jauh lebih menarik dan atraktif jika kamu sendiri memiliki pengetahuan dan minat yang dalam pada subjek tersebut.
Iklan berbayar bergantung pada macam mekanisme targeting termasuk keyword untuk menempatkan iklanmu ke dalam “promoted ad” dalam jejaring sosial yang sering digunakan oleh konsumen dan target audiensmu. Display ads akan tampil di samping halaman user dan secara halus masuk ke dalam nilai user experience sehingga user tidak akan mengira bahwa itu adalah iklan. Iklan berbayar bisa menjadi strategi yang efektif dan sebagai pilihan platform sosial yang sangat budget-friendly.
- Menempatkan iklan di channel sosial media seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn, dengan biaya yang murah, kampanye berbayar dapat dengan mudah dilakukan menggunakan kartu kredit. Kamu juga bisa menargetkan audiensmu berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi dan hobi, selain demografi lainnya.
- Pertimbangkan untuk menyertakan gambar/foto dalam iklan. Iklan beserta gambar akan jauh lebih menarik perhatian dan mendorong mereka untuk klik, share, dan retweet.
- YouTube menawarkan berbagai pilihan beriklan, dalam beberapa situasi hanya akan dikenakan biaya jika user benar-benar menonton video.